Analisa Kinerja Protokol Routing DSR dan AOMDV Pada Jaringan WPAN 802.15.4 (Zigbee) dengan Metode NDAMR

  • Muhammad Arya Maula Syahid Universitas Mataram
  • Andy Hidayat Jatmika Universitas Mataram
  • I Wayan Agus Arimbawa Universitas Mataram
DOI: https://doi.org/10.29303/jcosine.v3i2.191
Abstract: 385 Viewers PDF: 213 Viewers
Keywords: WPAN, NDAMR, Zigbee, DSR, AOMDV

Abstract

WPAN ZIGBEE merupakan teknologi jaringan nirkabel yang memiliki karakteristik yaitu konsumsi daya rendah, dan bisa mengatur jaringan dan pertukaran datanya sendiri dengan cakupan area yang kecil seperti pada sekolah, perkantoran, dan perumahan. Pada jurnal ini, dilakukan simulasi dan analisis komunikasi data antar node pada sistem monitoring perumahan menggunakan teknologi WPAN ZIGBEE, dimana node merupakan sensor yang terpasang disetiap rumah pada perumahan. Setiap node nantinya akan saling berhubungan satu sama lainnya dan akan diatur oleh satu PAN-Coordinator.

Untuk pertukaran datanya diperlukan protokol Routing untuk pencarian jalur dan pengiriman datanya, protokol yang digunakan yaitu DSR dan AOMDV. Dalam pencarian jalur dan pengiriman datanya, dapat terjadi kerusakan jalur dan metode yang digunakan untuk mengatasi kerusakan jalur yaitu NDAMR. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbandingan kinerja protokol DSR dan AOMDV, mensimulasikan jaringan Zigbee dengan NS-2, serta mengevaluasi kinerja protokol DSR dan AOMDV dengan metode NDAMR pada jaringan Zigbee.

Hasil simulasi menunjukkan pada skenario 10 sampai 40 node, protokol AOMDV memiliki nilai throughput yang lebih tinggi dari protokol DSR, dengan perbandingan 2.92 dan 2.05 Kbps. Nilai End-to-end delay protokol DSR lebih sedikit daripada protokol AOMDV dengan perbandingan 5.5 ms dan 16.48 ms. Dan nilai Packet Delivery Ratio dari protokol AOMDV lebih tinggi daripada protokol DSR dengan perbandingan 70.79 % dan 13.91 %.

Published
2019-12-25
Section
Embedded System and Data Communications