Pencarian Jalur Terpendek Menggunakan Algoritma A* Dalam Permainan Pacman

  • Darmawan Aditama Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Nuniek Fahriani
  • Putri Aisyiyah Rakhma Devi
DOI: https://doi.org/10.29303/jcosine.v2i2.129
Abstract: 438 Viewers PDF: 980 Viewers
Keywords: Artificial Intelligence, Pacman Game, A*, Software Development

Abstract

Perkembangan Artificial Intelligence atau biasa disingkat (AI) didefinisikan sebagai kecerdasan entitas ilmiah. Artificial Intelegence (AI) merupakan suatu metode atau sistem pada controller komputer yang digunakan untuk mengambil keputusan atau melakukan suatu tindakan. Namun tidak semua controller pada computer dapat melihat keseluruhan lokasi dari target, bahkan pada beberapa permainan masih menggunakan matrik location untuk menemukan letak musuh terdekat, sehingga jika terdapat banyak sekali target maka dapat membuat salah perhitungan pada controller computer. Peneliti mencoba menggunakan algoritma A* (A Star) sebagai Artificial Intelegence untuk melihat perkembangan permainan jika terdapat lebih dari satu target yang harus dibunuh oleh enemy. Sehingga kedepannya dalam sebuah permainan Pac-Man dapat diberi beberapa target (multiplayer).

Published
2018-12-24
Section
Mobile Programming and Ubiquitous Computing